Thursday, March 17, 2011

I beg you to home

Agak lupa dengan linknya, tapi alhamdulillahnya, saya masih ingat substannya. Sebuah informasi menyebutkan bahwa dalam satu hari perputaran uang dalam sektor non-riil ekonomi dunia mencapai US$ 1,6 million sementara dalam setahun, hanya US$ 6 million yang dihasilkan oleh sektor riil.

Saya tak ingin membuka barisan paragraf ini dengan indah. Sebab saya sengaja. Sebab para manusia serakah ini-pun sengaja.

Masih saya genggam salahsatu poin ketentuan debat, bahwa pro satu harus memaparkan kosakata yang akan digunakannya sebagai batasan masalah. Dengan redaksi nalar yang agak ganjil, walaupun saya lebih sering jadi makhluk kontra dalam segala hal - karena kebanyakan masalalu saya ditemani setumpukan jilid The Origin of Species dan Il Principle - tapi setiap kesendirian butuh permulaan persepsi. Permulaan persepsi penting untuk mengantar orang lain memahami rujukan pemikiran anda. Bukan untuk wacana yang akan mengalirkan pembantaian dan spionase bertingkat tapi untuk membuat para pembaca kata-kata anda menjentikkan jarinya lalu berseru, "oh, begitu maksud anda,". Semoga saja saya benar-benar telah paham setelah meninggalkan alinea yang ini.
-_-"

Sektor riil ekonomi sepemahaman saya adalah bidang-bidang aliran maal yang konkret, dimana pertukaran barang dan pemindahtangananya yang dalam perjanjian itu mengikat suatu kemanfaatan yang langsung. Contohnya, kegiatan ekonominya PKL yang mau digusur dari UB.
Sementara sektor non riil sepemahaman saya - juga - adalah bidang-bidang aliran maal yang abstrak, dimana pertukaran barang dan pemindahtangananya yang dalam perjanjian itu tidak mengikat suatu kemanfaatan yang langsung. Contohnya, kegiatan ekonominya para e-li-te yang main saham Garuda.

Konyol nggak sih gue? Hahhahaa... pertama kalinya otak tidak terstimulasi maksimum ketika merumuskan suatu definisi. Ya, resume! Kata paling menjijikkan sedunia, sumpah.

Sektor riil meliputi kegiatan yang terkait dengan permintaan agregat dan penawaran agregat dalam perekonomian. Sektor riil mengacu pada sektor yang memproduksi barang dan jasa melalui pemanfaatan bahan baku dan faktor-faktor produksi lainnya seperti tenaga kerja, tanah, modal atau peralatan produksi lainnya. Sektor riil terkait berbagai hal dalam perekonomian yang bukan dalam kategori sektor moneter. (Leonard Tampubolon - Direktorat Keuangan Negara; Bappenas)
Nah kalo sektor non riil? Ya, kebalikannya lah, --"

Tak ada dikotomi yang tak melingkup semua dalam tataran teori. Sebab jika ada yang belum masuk cakupan keduanya, tentulah si pencetus kotom telah menyebutnya trikotomi atau dasakotomi. Pernah dengar klasifikasi jamur? Dalam suatu redaksi nalar yang lumayan ganjil tapi kocak, deutromicota sebagai ruang klasif ke-empat (ter-update) menemui tempatnya dengan tanda bintang berikut penjelasan, "Deutromicota juga termasuk jenis jamur yang belum ter-identifikasi masuk zygomicota, basidiomicota dan ascomycota."

Orang jahat memang selalu jadi yang terdepan dalam kejahatannya. Sebab itulah ia di-label penjahat. Dan orang baik-pun juga hampir pasti harus terdepan dalam yang kebaikannya. Apa itu baik? Apa itu jahat? Lalu setelah anda dapat rumusannya, anda mau jadi terdepan? Iya, karena terdepan adalah hal yang baik menurut saya. Helleeeh... yang penting soleh!

Kembali,
*next moon

No comments:

Post a Comment